Senin, 21 Maret 2011

FUNGSI EXCEL

Ada beberapa fungsi yang kita pergunakan dalam excel, yaitu :
1.       Fungsi statistik
2.       Fungsi matematika
3.       Fungsi string / fungsi teks
4.       Fungsi khusus (HLOOKUP dan VLOOKUP)
5.       Fungsi logika (IF)
Sekarang, kita bahas poin-poin di atas satu per satu.

1. Fungsi statistik
Ada beberapa fungsi statistik yang sering dipergunakan, yaitu :
·         SUM                      : menjumlah data dalam satu range
·         AVERAGE            : menghitung nilai rata-rata dalam satu range
·         MAX                      : menghasilkan nilai terbesar dalam satu range
·         MIN                       : menghasilkan nilai terkecil dalam satu range
·         COUNT                 : menghitung jumlah data dalam satu range


2. Fungsi matematika
Fungsi matematika dan trigonometri yang sering dipergunakan sebagai berikut :
·         ABS                        : menghasilkan nilai absolut
·         INT                         : membulatkan nilai ke bilangan genap terdekat
·         ROUND                                : membulatkan nilai ke bilangan desimal yang ditentukan
·         EVEN                     : membulatkan nilai ke bilangan genap terdekat ke atas
·         ROUNDOWN     : membulatkan suatu bilangan ke bawah
·         ROUNDUP          : membulatkan suatu bilangan ke atas
·         SQRT                     : menghasilkan akar kuadrat
·         COUNTA              : menghitung sel tak kosong pada satu range
·         COUNTIF             : menghitung jumlah data dalam suatu range menurut kriteria
·         RANK                    : mengurutkan posisi tingkatan dari suatu bilangan (fungsi ini tidak bisa di-paste ke dalam sel lain)
·         MOD                     : menghasilkan sisa pembagian

3. Fungsi string atau fungsi teks
Fungsi string adalah fungsi yang digunakan untuk mengolah kata-kata atau huruf dalam kalimat yang kita masukkan dalam sel. Beberapa fungsi string yang sering digunakan adalah sebagai berikut.
  • Left(teks,n)                        : mengambil n huruf dari kiri
  • Right(teks,n)                      : mengambil n huruf dari kanan
  • Mid(teks, posisi awal, n)    : mengambil n huruf dari posisi tertentu
  • Lower(teks)                       : menjadikan huruf kecil semua
  • Upper(teks)                       : menjadikan huruf besar semua

4. Fungsi khusus
Ada dua fungsi yang menarik digunakan dalam excel yaitu : HLOOKUP dan VLOOKUP.
  • HLOOKUP            : fungsi ini untuk melihat tabel secara horizontal
=HLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_number;range_lookup)
  • VLOOkUP              : fungsi ini untuk melihat tabel secara vertikal
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_number;range_lookup)

5. Fungsi logika IF
Kadangkala kita membutuhkan kemampuan untuk melakukan tes secara logika, misalnya untuk menentukan sebuah kondisi benar atau salah. Fungsi untuk melakukan tes secara logika adalah IF. Sebuah tes logika dapat pula diikuti secara bersamaan dengan fungsi logika lainnya, seperti AND, OR, atau NOT.


Logika IF ada dua, sebagai berikut.
1. Logika ‘IF’ tunggal
RUMUS
=IF (LOGIKA=NILAI VALUE TRUE VALUE FALSE)

Kebalikannya tanda ‘>’ di balik dan value false dgn vale true ditukar
=IF(H4>700;"DISKON";"TIDAK DISKON")
=IF(H4<700;"TIDAK DISKON";"DISKON")
Hasilnya dari kedua rumus di atas
A
1000
DISKON
DISKON
B
2500
DISKON
DISKON
C
3400
DISKON
DISKON
D
5400
DISKON
DISKON
E
7000
DISKON
DISKON

2. Logika 'IF' bercabang
Kalau ada 5 pertanyaan buat logika 4
Selalu dikurangi 1

RUMUS
=IF(LOGIKA=VALUE TRUE,IF(LOGIKA=VALUE TRUE,VALUE FALSE)

0 komentar:

Posting Komentar